Kamis, 05 Januari 2017

MANA MOTOR CBR KAMU...?

Bro & Sis....
Sudah tahu kan kepanjangan dari CBR?
Yup betul, CBR = City Bike Racing.

Sekarang, kita mengulas sedikit tentang motor Honda CBR yang ada di Indonesia yang banyak terdapat di dalam sebuah klub/komunitas/independent motor Honda CBR. Nah marilah kita simak bareng-bareng berikut ini, cekidot...

Honda CBR dan varian-nya (150cc & 250cc only):


1. Honda CBR 150 old - CBU
CBR 150 Old (mengunakan karburator untuk sistem pembakarannya) adalah varian motor Honda CBR 150cc yang pertama diproduksi pada tahun 2002. Hadir di Indonesia pada tahun 2003 melalui Importir Umum yang didatangkan langsung dari Thailand. Motor ini termasuk motor mewah pada jamannya dan hingga kini "CBR Old Never Die" itulah yang sering diungkapkan teman-teman pengguna motor CBR. Bahkan logo resmi CBR Club Indonesia terinspirasi dari motor Honda CBR Old yang dirancang sebagai pengganti NSR 150 series 2 stroke yang sudah tidak di produksi lagi ini.


2. Honda CBR 150Fi - CBU
kira-kira 8  tahun kemudian yaitu ditahun 2010, CBR 150 mengalami perubahan desain dan sistem pembakaran yang sudah menggunakan injeksi (PGM Fi) mulai di jual oleh Dealer Honda yang masih di datangkan dari Thailand. Meskipun harganya sangat tinggi, akan tetapi CBR 150fi cukup banyak peminatnya. Sehingga mulai bermunculan klub/komunitas motor Honda CBR meramaikan Indonesia khususnya di kota-kota besar.


3. Honda CBR 250R - CBU
Motor seperempat liter ini hadir di Indonesia pada tahun 2011, dan lagi-lagi masih didatangkan dari Thailand dan dijual oleh Dealer Honda. CBR 250R masih single cylinder tidak seperti pesaingnya yang sudah 2 cylinder serta diproduksi di dalam negeri. Alhasil, penjualan motor ini kurang greget dibanding pesaing terdekatnya serta masih kalah jauh dengan CBR 150Fi dari segi penjualan. Bahkan kini harga scondnya sampai separo harga belinya, OMG... Bikin sakit hati pemiliknya, tapi jadi incaran para pencari motor bekas.


4. Honda CBR 250R dual keen eyes - CBU
Masih buatan Thailand, keluar di tahun 2014 ini dari segi engine dinilai tidak terlalu signifikan perubahannya dibandingkan dengan pendahulunya. Penggunanya pun tidak melebihi keluaran sebelumnya, disamping harga yang cukup tinggi, masih single cylinder, juga hampir sama dengan yang lainnya yaitu Honda CBR dijatohkan oleh variannya sendiri dalam hal ini akan keluarnya CBR 250RR 2 cylinder. Kelebihan dari pendahulunya adalah lebih sporty dan gagah dengan dual eyes-nya.




5. Honda CBR 150 K45
CBR 150cc lokal atau K45 diproduksi di Indonesia tahun 2014. Dengan diproduksi oleh AHM, maka harga menjadi turun drastis dibanding yang CBU walaupun ada yang bilang kualitas dan kemampuan memang berbeda.
Sejak dikeluarkannya motor ini, maka tidak ada lagi motor Honda CBR 150cc buatan Thailand di dealer-dealer Honda bahkan yang ada stok di dealer pun di discount gede-gedean agar cepat habis dan menyambut hadirnya K45. Di sisi lain, body lebih ramping dan yang lebih fastastik adalah penggunanya menjadikan K45 ini menjadi motor "sejuta umat".



6. Honda CBR 150 K45G Facelit
Di produksi AHM tahun 2016, K45G facelit lebih sporty dari pendahulunya K45. Fitur digital sudah disematkan didalamnya serta matanya lebih sipit menjadikannya lebih gagah mirip-mirip CBR 500cc. Rasanya ada yang hilang pada motor CBR type ini, yaitu tidak ditemukannya behel tanduk dijok belakang, karena hampir semua varian CBR 150cc & 250cc menggunakan behel tanduk belakang (rear grip). Mungkin kedepannya akan hilang sama sekali behel tanduk ini. K45G semakin memeriahkan varian Honda CBR di Indonesia dan dari segi harga ada penambahan yang tidak terlalu tinggi dari seri K45.







7. Honda CBR 250RR twin cylinder
Setelah ditunggu-tunggu akhirnya AHM mengeluarkan juga motor Honda CBR 250RR 2 cylinder. Dengan bandrol harga tidak jauh dari pesaingnya, motor ini diyakini memiliki fitur berlebih. Mulai dari suspensi depan sudah USD, panel digital dan riding mode yang bisa di stel sesuai kebutuhan (normal, sport dan sport plus). CBR 250RR digadang-gadang menjadi andalan dalam dunia racing sebagai pendatang yang diperhitungkan bagi sesama motor 250cc twin cylinder. Dan ternyata CBR 250RR tidak hanya diperuntukkan bagi orang Indonesia saja guys... tapi motor ini juga di produksi untuk seluruh dunia. Bangga kan...... hehehehe.

Nah itulah motor Honda CBR yang banyak beredar di Indonesia terutama di CBR Club Indonesia (CCI). (dihimpun dari berbagai sumber)


Apapun jenis dan cc motor CBR kamu, ingat slogan CCI ya....
Salam CCI tanpa membedakan cc, suku, ras dan agama.

4 komentar: